How to Prepare Delicious Ketupat pecal

Ketupat pecal. Makanan khas Indonesia yang sangat merakyat dan legendaris ini bisa Sahabat buat sendiri dengan praktis menggunakan Ketupat Mini Adabi. Makanan indonesia KETOPRAK merupakan singkatan dari ketupat toge dan digeprak. Mirip seperti panganan pecal, ketoprak juga berkuah kacang.

Ketupat pecal Sesuai dimakan bersama satay, nasi impit, ketupat dan lontong. Amat mudah disediakan dan menjimatkan masa. - Buy SAMBAL KACANG KETUPAT & SATAY & PECAL JM. Ketupat (in Indonesian and Malay), kupat (in Javanese and Sundanese) or tipat (in Balinese) is a type of dumpling made from rice packed inside a diamond-shaped container of woven palm leaf pouch. You can have Ketupat pecal using 13 ingredients and 9 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Ketupat pecal

  1. Prepare 1 ikat of kangkung.
  2. You need 1 ikat of kacang panjang.
  3. You need 150 gr of touge yang sudah dibersihkan ujungnya.
  4. It's 3 buah of Tahu putih.
  5. Prepare of Bahan sambal :.
  6. Prepare 250 gr of kacang tanah.
  7. It's 75 gr of gula merah (bisa lebih atau dikurangi tergantung selera).
  8. You need 50 ml of Air asam jawa.
  9. Prepare 10 bh of cabe keriting, 5 bh cabe rawit (pedas bisa sesuai selera).
  10. It's 3 siung of bawang putih.
  11. You need 1 ruas of kencur.
  12. Prepare 2 lembar of daun jeruk buang batang daunnya.
  13. Prepare secukupnya of Garam dan kaldu bubuk.

Cara mudah hasilkan Ketupat daun Pisang yang sangat sedap, lembut dan berlemak. Boleh cuba hasilkan untuk hidangan keluarga dan tetamu. Pecel atau pecal (Hanacaraka: ꦥꦼꦕꦼꦭ꧀) merupakan makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Ketupat pecal instructions

  1. Siangi kangkung sy pakai daunnya bagian batang dibuang....potong kacang panjang, bersihkan touge dari ujung akarnya...cuci semua sayuran secara terpisah kemudian tiriskan.
  2. Tahu putih direndam air garam sebentar kemudian goreng dan dipotong dadu.
  3. Rebus sayuran secara bergantian jangan lupa saat merebus beri garam sedikit airnya...pertama rebus kacang panjang, kemudian kangkung dan terakhir touge sebentar saja.... kemudian tiriskan....
  4. Susun sayuran dan tahu dalam piring saji secara teratur...jangan dicampur aduk ya.
  5. Membuat bumbu pecal : Kacang tanah di cuci sebentar kemudian goreng sampai kecoklatan hati2 jangan sampai gosong kemudian di haluskan bisa diulek/diblender.
  6. Bumbu halus pecal : Cabe merah, rawit, bawang putih dan kencur di goreng sebentar kemudian dihaluskan bersamaan dengan daun jeruk yg sudah dibuang batang daunnya.
  7. Campur kacang tanah, bumbu halus, gula merah, garam dan kaldu dengan air asam....uleni sampai rata dengan menggunakan sendok/spatula...setelah rata mala sambal sudah siap digunakan...bisa diaimpan kalau bersisa makainya.
  8. Setelah bumbu pecal jadi...ambil 3-4 sendok, larutkan dengan air panas/ hangat secukupnya...tidak encer juga tidak kental.
  9. Pecal sudah bisa di santap ditambah dengan ketupat, bawang goreng dan kerupuk....

Ketupat Lebaran Ketupat Hari Raya Ketupat Sayur Ketupat Palas Ketupat Black And White Ketupat Vector Ketupat Wallpaper Ketupat Nasi Idul Fitri Ketupat Ketupat Pulut. Lebaran ketupat merupakan salah satu hasil akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Islam. Lebaran ketupat atau yang dikenal dengan istilah lain syawalan sudah menjadi tradisi masyarakat. Bukan setakat makan dengan ketupat @ nasi impit masa raya je, bila-bila masa pun boleh buat kuah kacang ni. Masak kuah kacang memang ambil masa yang agak lama.

Belum ada Komentar untuk "How to Prepare Delicious Ketupat pecal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...