Recipe: Perfect Ayam bakar sambal pecel

Ayam bakar sambal pecel. Sambal pecel merupakan sambal khas masyarakat Madiun. Lihat juga resep Siomay Ayam Bumbu Pecel dan Petis enak lainnya. Resep Sambal Pecel Lele - Pecel lele merupakan kuliner khas Jawa Timur, tepatnya Lamongan.

Ayam bakar sambal pecel Tetapi membuat Sambal Pecel yang awet dan tahan lama tanpa bahan pengawet tidak semua orang tahu. Sesuai dengan namanya, sambal satu ini akan sangat nikmat bilamana kita konsumsi bersama dengan lele, baik itu Selain dengan lele goreng, Anda juga dapat menyajikan sambal pecel ini dengan berbagai masakan lainnya seperti ayam goreng, bebek goreng. Pecel ayam dapat dengan mudah ditemukan di tenda-tenda pinggir jalan. You can have Ayam bakar sambal pecel using 30 ingredients and 6 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Ayam bakar sambal pecel

  1. You need 4 potong of ayam (yang sudah di ungkep).
  2. It's of # Bumbu kecap :.
  3. You need 4 buah of bawang putih.
  4. You need 2 buah of bawang merah.
  5. It's 2 cm of jahe.
  6. Prepare 2 buah of kemiri.
  7. Prepare 1/2 sdt of ketumbar.
  8. You need 1/2 sdt of merica.
  9. It's 5 sdm of kecap.
  10. You need Secukupnya of gula.
  11. You need Secukupnya of penyedap.
  12. It's Secukupnya of msg (optional).
  13. Prepare 1 sdm of mentega untuk menumis.
  14. Prepare 100 ml of air.
  15. You need 1 sdm of Saus sambal (untuk tambahan olesan).
  16. Prepare of # Sambal :.
  17. Prepare 5 buah of bawang merah.
  18. It's 7 buah of cabe merah.
  19. You need 4 buah of cabe rawit setan.
  20. It's 2 buah of tomat (ukuran sedang).
  21. Prepare 1/2 of bawang putih.
  22. You need 1/4 of terasi dr 1 bulatan (sedikit saja).
  23. Prepare 1 sdm of biji wijen yang sudah di goreng.
  24. It's 1/4 of gula merah (dr satu bulatan).
  25. It's secukupnya of Garam.
  26. It's secukupnya of Penyedap.
  27. Prepare of Gula putih (optional).
  28. Prepare of # Tambahan :.
  29. Prepare 1 buah of jeruk limau.
  30. It's of Lalapan (timun, kol, dll sesuai selera).

Meski dijual di pinggir jalan, kuliner yang berasal dari Jawa ini memiliki rasa yang nikmat. Biasanya, akan disajikan juga lalapan berupa mentimun, kemangi, kol, serta sambal sebagai pelengkapnya. Sambal Pecel Lele Khas Lamongan ala Mas Ficky ini dibuat dengan penuh rasa cinta dengan ekstra pedas, hehe. Buat yang kurang suka pedas bisa disesuaikan jumlah cabe nya Resep inini bakalan jadi sambel andalan nih kalau bikin lele goreng lagi, atau ayam goreng juga dah.

Ayam bakar sambal pecel instructions

  1. Siapkan semua bahan,,, lalu blender bumbu hingga halus,, kemudian panaskan mentega, lalu tumis bumbu hingga harum, setelah bumbu matang masukan air, tambahkan ( garam, gula, penyedap, dan kecap, lalu aduk rata, tuangkan bumbu kecap kedalam wadah, sisakan sedikit, di teflon lalu tambah dengan saus sambal aduk sampai kental lalu matikan tuang di tempat yang berbeda( untuk olesan ayam.
  2. Berhubung aku gak punya kuas, jadi aku marinate ayamnya,, tunggu sekitar 10 menit sampai meresap, lalu di bakar ( letakan ayam di panggangan, tunggu 5 menitan lalu di balik, kemudian olesi dengan kecap yang sudah di campur saus sambal tadi,.
  3. Aku buat 2 versi, (2 di bakar di grill/ roaster 2 lagi aku bakar di teflon, untuk bandingin rasa aja heheh) karna permintaan suami juga dia pengen di teflon (turutin aja wkwk) jadilah seperti ini ya, tambahkan lalapan sesuai selera (kiri hasil roaster, kanan hasil teflon).
  4. Sambal : goreng bawang, cabe dan terasi, hingga matang (medium heat ya) kemudian setelah matang angkat, masukan ke cobek, tambahkan gula, garam lalu ulek,, sambil ngulek goreng tomat hingga matang setelah matang diamkan hingga terendam minyak, setelah sambal agak hancur masukan biji wijen yang sudah di goreng, di ulek hingga halus, setelah itu masukan tomat goreng tadi berikut minyak² nya ya bun lalu ulek dan aduk rata lagi.
  5. Setelah tercampur semua, cicipi rasanya, kalo ada yang kurang boleh tambah, pindahkan ke wadah siap di hidangkan dengan ayam bakar 💕.
  6. .

Resep sambal matah sereh tanpa kecombrang/honje. Resep Sambal Ayam Bakar - Salah satu resep khas nusantara yaitu sambal atau sambel. Banyak sekali jenis sambal yang ada di Indonesia, seperti; sambal tomat, sambal bawang, sambal goreng, sambal krecek, sambal matah, Sambal Kecap, sambal pecel, sambal pete. Mulai dari pecel lele, pecel ayam, bebek goreng, jeroan, tempe, tahu dan aneka macam seafood seperti nila bakar, cumi goreng atau udang crispy. Karena yang menjadi daya tarik dari warung seperti lele adalah kualitas sambal yang disajikan.

Belum ada Komentar untuk "Recipe: Perfect Ayam bakar sambal pecel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...